24 Pengertian
Metode
Metode berasal dari Bahasa Yunani “Methodos’’
yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah,maka
metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi
sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk
mencapai tujuan.[1][1]
Pengetahuan tentang metode-metode
mengajar sangat di perlukan oleh para pendidik, sebab berhasil atau tidaknya
siswa belajar sangat bergantung pada tepat atau tidaknya metode mengajar yang
digunakan oleh guru.
Metode belajar yang mampu
membangkitkan motif, minat atau gairah belajar murid dan menjamin perkembangan
kegiatan kepribadian murid adalah metode diskusi. Metode diskusi merupakan
suatu cara mengajar yang bercirikan oleh suatu keterikatan pada suatu topik
atau pokok pertanyaan atau problem. Di mana para anggota diskusi dengan jujur
berusaha mencapai atau memperoleh suatu keputusan atau pendapat yang disepakati
bersama.[2][2] Dalam metode diskusi guru dapat membimbing dan
mendidik siswa untuk hidup dalam suasana yang penuh tanggung jawab, msetiap
orang yang berbicara atau mengemukakan pendapat harus berdasarkan
prinsip-prinsip tertentu yang dapat diperanggungjawabkan. Jadi bukan omong
kosong, juga bukan untuk menghasut atau mengacau suasana. Menghormati pendapat
orang lain, menerima pendapat yang enar dan menolak pendapatb yang salah adalah
ciri dari metode yang dapat dighunakan untuk mendidik siswa berjiwa demokrasi
dan melatih kemampuan berbicara siswa. Agar suasana belajar siswa aktif dapat
tercapai, maka diskusi dapat menggunakan variasi model-model pembelajaran
menarik dan memotivasi siswa. Dari sekan banyak model pembelajaran yang ada,
model pembelajaran jigsaw cocok untuk digunakan dalam metode diskusi. Model
pembelajaran jigsaw membantu murid untuk mempelajari sesuatu dengan baik dan
sekaligus siswa mampu menjadi nara sumber bagi satu sama yang lain.
sumber: tkampus.blogspot.com/2012/04/tipe-organisasi-bisnis.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar